AGEs Penyebab Utama Penuaan Dini

Apa itu AGEs?

old and young

AGEs (Advanced Glycation End-products) adalah senyawa berbahaya yang terbentuk ketika kelebihan protein dan gula mengikat bersama-sama. Senyawa ini membuat usia tubuh kita mengalami penuaan dini dan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan yang serius. Beberapa ahli percaya bahwa tingkat AGEs kita harus menjadi penanda kesehatan seperti bagaimana tekanan darah, indeks massa tubuh dan gula darah.

AGEs adalah produk dari gaya hidup dan kebiasaan seseorang. Makanan yang kita makan, jumlah tidur kita, stres yang kita alami, dan tingkat latihan kita mengambil bagian dalam membantu menentukan tingkat AGEs dalam tubuh. Bahkan merokok berkontribusi terhadap pembangunan AGEs.

Efek negatif dari AGEs telah divalidasi dalam banyak penelitian ilmiah yang berbeda selama bertahun-tahun

Bagaimana AGEs terbentuk?

AGEs terbentuk baik endogen (dalam tubuh), maupun eksogen (di luar tubuh).

AGEs terbentuk secara alami di dalam tubuh kita ketika kelebihan gula dan protein menjadi satu, dan juga dapat dicerna dari makanan yang kita makan. Makanan yang tinggi dalam AGEs ada di dalam makanan yang digoreng, diproses, atau makanan manis. Daging hewan, terutama daging merah, juga tinggi AGEs. Mereka juga terbentuk di dalam tubuh kita tergantung pada gaya hidup kita. Gaya hidup adalah salah satu kontributor utama tingkat AGE yang tinggi, sedangkan olahraga teratur dan aktivitas fisik membantu mengurangi jumlah AGEs dalam tubuh kita. Tingginya kadar stres dan kurang tidur juga berkontribusi terhadap pengembangan AGEs.

AGEs juga terbentuk di luar tubuh, seperti pada makanan. Bahkan, metode memasak mempengaruhi tingkat AGEs dalam makanan yang kita makan, dan AGEs dapat dikonsumsi. Memasak dengan tingkat panas atau menggunakan metode memasak sampai makanan berwarna coklat – termasuk memanggang, menggoreng, menumis, dengan api panas sekali, membakar dan memanggang – memembuat AGEs makanan meroket. Reaksi pencoklatan bahkan berlangsung selama roti dipanggang (yaitu dengan kerak), dan produksi makanan olahan dan soda gelap.

Sebaliknya, menggunakan air saat memasak membantu mengurangi pembentukan AGEs. Cara memasak dengan air seperti merebus, mengukus, atau mendidih lebih sehat daripada menggunakan panas tinggi kering (seperti memanggang). Namun, bumbu-bumbu asam dapat menekan pembentukan AGEs hingga 50 persen saat memasak daging. Juga, makanan alami dan bahan-bahan yang lebih rendah  AGEs daripada makanan olahan. Beberapa produk alami (seperti buah noni, blueberry, daun zaitun, cranberry dan ceri cornelian) bahkan mengandung fitonutrien yang disebut iridoid, yang telah terbukti mengurangi kadar AGEs dalam tubuh.

BAGAIMANA AGEs MEMPENGARUHI TUBUH?

Tubuh memiliki proses alami untuk melepaskan diri dari AGEs berbahaya. Namun, jika terlalu banyak AGEs dikonsumsi dan dibuat, bisa terjadi penumpukan AGEs di jaringan tubuh. Akumulasi ini mempengaruhi seluruh tubuh kita, dari kulit ke organ.

AGEs merusak kolagen dan elastin di kulit kita, menyebabkan keriput, kendor dan kusam. Hal ini menyebabkan penampilan fisik menjadi lebih tua.

Sementara itu, tingginya tingkat AGEs terkait dengan hampir semua masalah kesehatan yang kita hadapi saat ini: penyakit jantung, diabetes, penyakit hati, penyakit Alzheimer, fungsi ginjal, kadar gula darah, kesehatan sendi, fungsi memori, gangguan penglihatan, radang, hipertensi, jantung penyakit, demensia, stroke, arthritis, osteoporosis dan penyakit periodontal. Para peneliti bahkan telah menemukan hubungan potensial antara AGEs dan kanker.

Untuk alasan ini, sangat penting bahwa orang menyadari tingkat AGEs mereka dan mengambil langkah yang diperlukan untuk menurunkannya. Dan jika seseorang sudah memiliki tingkat AGE rendah, itu penting untuk menjaganya tetap rendah.

Dapatkan MAXIDOID dan Tahitian Noni, makanan Awet Muda dan Sehat Sekarang Juga!!!

Miliki Gaya Hidup Awet Muda dan Sehat serta Penuh Kebahagiaan

Info lebih lanjut, Hubungi / Kontak Kami

You may also like...