Say No to AGEs

Say No to AGEs (Bilang Tidak ke AGEs)

Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan. Penuaan adalah hal yang paling ditakuti semua orang karena menjadi tua akan terlihat tidak cantik atau tidak rupawan dan identik dengan sakit – sakitan. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

Baru baApa itu AGEsru ini penelitian mengidentifikasi adanya satu komponen yang mempercepat penuaan yaitu A.G.E, singkatan dari Advanced Glycation Endproducts. Pada dasarnya, AGEs adalah zat yang membuat tubuh kita “lebih tua “ dari umur kalender kita yang sebenarnya. Belakangan ini ilmu pengetahuan bisa membuktikan bahwa zat ini merupakan sebuah penandaan terhadap gangguan kesehatan dini. Inilah penyebab banyak orang yang sebenarnya masih dalam usia produktif kehilangan nyawanya karena tidak tahu ada bahaya AGE yang mengancamSenyawa-AGEs.

AGEs adalah sebuah komponen aktif hasil ikatan protein atau lemak dengan gula yang berlebihan dalam tubuh. Sumber AGE bisa didapatkan dari luar tubuh lewat makanan dan jumlah AGEs-nya bisa meningkat lagi jika makanan dimasak dengan pemanasan langsung dan dimasak terlalu matang.

sate-ayamDalam hal ini ada beberapa jenis makanan seperti sate, steak , dan masakan yang dipanggang sebisa mungkin kita hindari karena produk-produk ini sudah mengalami reaksi mailard yaitu reaksi antara karbohidrat khususnya gula pereduksi dengan gugus amina primer, hasilnya berupa produk berwarna cokelat yang sering dikehendaki pada roti panggang dan sate.

Selain lewat makanan, AGEs juga diproduksi dari dalam tubuh melalui metabolisme dan proses penuaan. Dalam kondisi – kondisi tertentu, misalnya stress oksidatif tingkat tinggi akibat hiperglikemia (Diabetes), pembentukan AGEs akan semakin meningkat melebihi normal. Bahkan mulai banyak penelitian melihat ada keterlibatan AGEs dalam inflamasi dalam kasus Cardiovascular (Jantung dan Pembuluh Darah) dan Diabetes gestasional.

Keberadaan AGEs sudah terbentuk sejak kita lahir dan rata- rata manusia punya kemampuan mengolah AGEs pada usia 20 tahunan dan setelah itu menurun. Dan tubuh punya kemampuan alami untuk menanggulangi kerusakan akibat AGEs, tapi apabila terlalu banyak AGEs yang terbentuk di dalam tubuh kita maka hal ini akan memicu terjadinya gangguan-gangguan kesehatan. Inilah alasan mengapa otot Anda tidak sekuat dan sefleksibel sewaktu Anda muda. Jumlah AGEs yang bertambah dalam tubuh juga akan berdampak ke kulit sehingga kulit menjadi tidak kenyal dan timbul kerutan.

Low SUGAR / Carbohydrate , Low AGEs Makanan sehat, aktivitas fisik secara rutin, menjaga berat badan dan menghindari tembakau dapat mencegah atau memperlambat kemunculan AGEs. Hal yang paling mendasar adalah kita harus memahami makanan yang kita makan. Dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, kita harus memperhatikan jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut. Ada jenis karbohidrat yang cepat diserap tubuh (sehingga kadar gula darah melonjak dan cepat terasa lapar lagi), ada juga karbohidrat yang lambat diserap (sehingga kadar glukosa darah lebih stabil dan terasa kenyang lebih lama).

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa besar efek suatu makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan, dibandingkan dengan glukosa atau roti putih. Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang cepat dicerna dan diserap sehingga kadar gula darah akan meningkat dengan cepat secara signifi kan. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah mengalami pencernaan dan penyerapan yang lebih lambat sehingga peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam darah akan terjadi secara perlahan-lahan. Makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti memperbaiki kadar glukosa dan lemak pada pasien-pasien diabetes mellitus dan memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, makanan dengan indeks glikemik rendah juga membantu mengontrol nafsu makan, memperlambat munculnya rasa lapar sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Di bawah ini adalah tabel beberapa bahan-bahan makanan dengan indeks glikemik rendah yang dapat Anda gunakan untuk mengatur pola makan. Sebagai catatan: jika indeks glikemik glukosa adalah 100, maka: – indeks glikemik rendah adalah ≤ 55, indeks glikemik sedang adalah 56 -69, indeks glikemik tinggi adalah ≥ 70.

makanan dan kandungan AGEs

Cara Mudah Mengontrol AGEs Dalam Tubuh

You may also like...